Seminar Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia “Membangun Semangat Generasi Muda Dalam Inovasi Bisnis”

Keluarga Mahasiswa Program Studi Manajemen, Universitas Al Azhar Indonesia bersama dengan Teknopreneur belum lama ini mengadakan Teknopreneur Forum In Campus dengan tema “Membangun Bisnis Teknologi”. Dihadiri oleh dua pembicara utama yang berpangalaman di bidang bisnis teknologi, yaitu Sandy Colondam (Co-Founder PicMix) serta Adi Widjaja (CEO Budi Mixed Farming) yang membagi pengalamannya dalam membangun usaha mereka.

Pada kesempatan kali ini, Sandy berbagi pengalamannya dengan mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia tentang  pola lean start up dalam pembuatan PicMix. PicMix merupakan aplikasi ini dirilis pada pada awal kuartal II 2012 dan berasal dari kata Picture serta Mixing. Dari kedua kata tersebut dapat diketahui bahwa aplikasi ini adalah aplikasi olah gambar atau foto. PicMix merupakan aplikasi murni buatan anak-anak Indonesia yang sekarang telah digunakan dan diapresiasi oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Selain bercerita mengenai PicMix, Sandy juga memberikan tips dalam membangun atau mend-develop suatu inovasi dalam bidang bisnis teknologi. Menurutnya dalam membangun sebuah bisnis perlu model bisnis yang kreatif dan inovatif. Disamping itu kita juga harus memiliki the right team, artinya orang-orang di dalamnya memiliki ide kreatifitas yang tinggi juga berkomitmen dalam melaksanakan visi.

Adi Widjaja yang menjadi pembicara selanjutnya memberikan pemahaman mengenai bisnis teknologi dengan membaginya dalam dua hal, yakni teknologi dan entrepreneur. Ketika digabungkan menjadi Teknopreneur yang artinya bisnis yang berbasi inovasi teknologi.

Adi Widjaja memaparkan bahwa kita harus mampu menciptakan inovasi teknologi sehingga bisnis yang kita jalani memilki nilai lebih dan bisa bertahan dalam persaingan bisnis. Beliau juga memberikan analogi bisnis yang baik melalui konsep blue ocean, melalui konsep bisnis ini beliau menjelaskan bahwa sebagai seorang pebisnis kita harus mampu melihat peluang dimana seseorang masih jarang melakukan bisnis tersebut. Dengan begitu persaingan yang terjadi tidak banyak.

Melalui seminar ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan inspirasi, pengetahuan dan keberanian memulai sebuah bisnis apapun (start up) dengan berbagai ide kreatf yang mereka miliki.

Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (1) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (10) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (9) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (8) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (7) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (6) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (5) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (4) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (3) copy (1024x683) Seminar Teknopreneur Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia (2) copy (1024x683)