Accounting Series 8 “Peluang dan Tantangan Bank Syariah di Indonesia Menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015.”

 

 

Kegiatan Accounting Series 8th Edition kembali diadakan di semester genap 2012/2013. Pada Accounting Series kali ini para peserta akan mendiskusikan tentang Peluang dan Tantangan Bank Syariah di Indonesia Menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2015.

ASEAN adalah salah satu kawasan yang berisikan Negara-negara di benua Asia bagian Tenggara. Kawasan yang beranggotan sepuluh Negara ini, telah menandatangani perjanjian untuk melaksanakan kawasan ekonomi bebas pada tanggal 20 November 2007. Kesepakan yang akan efektif berjalan pada 1 Januari 2015 meliputi sektor riel dan keuangan. Kesepakan tersebut tentunya menjadi sebuah peluanga sekaligus tantangan tersendiri bagi perkembangan Bank Syariah di Indonesia.

Bank Indonesia (2013) melaporkan bahwa bank Syariah di Indonesia tumbuh dengan pesat antara 40-60% per tahun. Menurut bank Indonesia (2013) saat ini terdapat 11 Bank umum Syariah (BUS), 24 Unit Usaha Syariah (USS) dan 158 Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) sampai degnan tahun 2013. Dengan diberlakukannya Pasar Bebas ASEAN pada tahun 2015, Bank Syariah di Indonesia memiliki peluang sekaligus tantangan dalam mengembangkan dan meningkatkan kontribusi bank Syariah terhadap industry perbankan di Indonesia. Untuk itu tentunya diperlukan strategi yang tepat dan efektif untuk dapat mewujudkan bank Syariah yang sehat dan kuat secara finansial dan senantiasa patuh prinsip-prinsip Syariah.

Dalam kegiatan Accouting Series 8th yang diadakan pada 10 April 2013 tampil sebagai pembicara yaitu Bapak Herwin Bustamana, MBA dan Dr. Rini, SE, MSi. Ak. Bapak Herwin Bustaman saat ini merupakan Kepala Unit Usaha Syariah (USS) Bank International Indonesia. Sebagai seorang banker di Perbankan Syariah,

Bapak Herwin Bustaman memiliki keahlian dan pengetahuan yang sangat memadai dengan sarat pengalaman nasional dan internasional. Beliau menyelesaikan pendididkan terakhir pada program MBA dan International Islamic University Malaysia (IIUM). Tampil juga sebagai pembicara adalah Dr. Rini, SE, MSi. Akt, Dr. Rini merupakan dosen senior di Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah dan juga tercatat sebagai dosen luarbiasa di Program Studi Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia. DR. Rini memiliki pengalaman akademik yang mumpuni dan merupakan koordinator bidang Pengembangan Kurikulim Akutansi Syariah Konsorsium Program Studi Akuntasi di Indonesia.