Accounting Series 2 : Akuntansi Dan Audit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan: Studi Kasus PT Pertamina (Persero)

 

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Indonesia kembali mengadakan Accounting Series insya Allah pada hari Rabu, 30 November 2011, mulai 15.30-17.30 WIB. Kegiatan ini merupakan event yang dijadikan sarana untuk meningkatkan khasanah pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dan dosen terkait dengan perkembangan pengetahuan dan praktik akuntansi yang terjadi di sektor privat (bisnis) ataupun non privat (publik). Oleh karenanya, Prodi Akuntansi FE UAI menempatkan pembicara dari kalangan praktisi (dunia bisnis) dan juga dari dosen Prodi Akuntansi FEUAI sendiri.

Pada kegiatan Accounting Series yang kedua ini, topic yang akan dibicarakan adalah tentang Akuntansi dan Audit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan : Studi Kasus PKBL PT Pertamina (Persero). Dalam kesempatan ini, tampil sebagai pembicara adalah Bapak Shohibul Imam, SE. Ak, M.Ak. Beliau merupakan dosen tetap Prodi Akuntansi FE UAI yang memiliki keahlian major (utama) di bidang Akuntansi Keuangan, Auditing dan Sistem Informasi Akuntansi dan keahlian minor (tambahan) di bidang Akuntansi Sektor Publik khususnya perpajakan. Beliau juga aktif memberikan konsultasi pada Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pertamina (Persero).

Sebagai gambaran sedikit, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam membantu pemerintah untuk memberikan pembimbingan dan pembinaan pengusana kecil dan menengah serta masyarakat di sekitar lingkungan BUMN tersebut. Oleh karenanya, BUMN dapat menyisihkan paling banyak sebesar 2 % dari laba untuk membina pengusaha kecil dan menengah dan maksimum 2 % lagi dari labanya untuk membina masyarakat di sekitar lingkungan BUMN. Oleh karenanya, menjadi sangat menarik untuk menelaah bagaimana praktik akuntansi dan audit dana PKBL tersebut meningat sumber dana PKBL tersebut adalah dari laba BUMN.

Kegiatan ini bersifat terbuka untuk seluruh mahasiswa Prodi Akuntansi FE UAI dan juga untuk mahasiswa UAI serta mahasiswa dari universitas lain. Namun demikian, untuk lebih lancar dan efektifnya kegiatan ini, seluruh mahasiswa yang berkeinginan untuk menghadiri kegiatan ini harus mendaftar terlebih dahulu melalui Pengurus Keluarga Mahasiswa Program Studi Akuntansi atau melalui Sekretariat FE UAI. Kegiatan ini juga insya Allah akan dihadiri oleh Kaprodi Akuntansi FE UAI, Bapak Ade Wirman Syafei, SE. Ak, MSAc dan seluruh dosen tetap FE UAI.

Accounting Series merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan satu kali setiap bulannya oleh Program Studi Akuntansi FE UAI bekerjasama dengan Keluarga Mahasiswa Program Studi Akuntansi FE UAI. Seluruh kegiatan ini didanai oleh Prodi Akuntansi FE UAI dan atas dukungan dari Universitas Al Azhar Indonesia serta berbagai pihak lainnya. Setiap peserta yang ikut selain tidak dipungut biaya juga diberikan sertifikat.